Khutbah Jumat – Bulan Maulid Sebagai Bulan Akhlak

BULAN MAULID SEBAGAI BULAN AKHLAK

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

إن الحمد لله نحمده ونستعينه ونستغفره ونعوذ بالله من شرور أنفسنا ومن سيئات أعمالنا من يهدى الله فلا مضل له ومن يضلل فلا هادي له. أشهد أن لاإله إلاالله وحده لا شريك له وأشهد أن محمدا عبده ورسوله لا نبي بعده. أللهم صل وسلم وبارك على سيدنا ومولنا محمد وعلى اله وأصحابه والتابعين وتابع التابعين وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدّيْن. فياأيها الناس, اتقوا الله حق تقاته ولا تموتن إلا وأنتم مسلمون. أعوذ بالله من الشيطان الرجيم بسم الله الرحمن الرحيم يَاأَيّهَا الّذِيْنَ آمَنُوْا اتّقُوا اللهَ وَقُوْلُوْا قَوْلاً سَدِيْدًا يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْلَكُمْ ذُنُوْبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللهَ وَرَسُوْلَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيْمًا (الأحزاب: 71) وقال رسول الله صلى الله عليه واله وسلم إنما بعثت لأتمم مكارم الأخلاق صدق الله العظيم وصدق رسوله النبي الحبيب الكريم ونحن على ذلك من الشاهدين والشاكرين والحمد لله رب العلمين أما بعد.

 

Hadirin Jamaah Shalat Jumat yang dimulyakan Allah

Dengan kerendahan hati dan kemurnian jiwa, Dengan Tauhid yang mantap dan iman yang kuat, dan dengan segala rasa penghambaan, marilah kita bersimpuh memanjatkan syukur alhamdulillah di hadapan Allah Yang Maha Suci dan Maha Agung. Atas segala hak yang diberikan Allah kepada kita berupa rizki juga atas segala kewajiban berupa ibadah atau penghambaan. Allah SWT, yang kekuasaannya tidak terukur oleh langit dan bumi, Allah SWT, yang kemurahannya tidak mampu dibatasi alam semesta, Allah SWT, yang kasih sayangnya hanya diberikan kepada orang-orang yang bertaqwa. Semoga Allah menjadikan kita sebagai orang yang bertaqwa dan dengan ketaqwaan kita mudah-mudahan mampu menggapai rido Allah SWT. Amin ya Rabbal alamin.

 

Rahmat dan Salam semoga tetap Allah anugerahkan kepada yang dihormati manusia dan diagungkan malaikat, yang ditakuti Iblis dan dijauhi syetan. Sang kekasih Allah, Cahaya di tengah kegelapan, yang syafaatnya selalu dinanti oleh seluruh umatnya, pemegang singgasana kenabian, Pembawa risalah kebenaran, pembuka belenggu kedzaliman, Nabi besar Muhammad SAW.

 

Hadirin Jamaah Shalat Jumat yang dimulyakan Allah

Dalam khutbah ini, perkenankanlah saya memberikan sebuah tema “Bulan Maulid sebagai bulan perbaikan akhlak”.

 

Ada sebuah fakta yang terjadi secara umum di lingkungan masyarakat kita, bahwa masyarakat atau kita secara pribadi lebih mengenal dan hafal bulan-bulan masehi daripada bulan-bulan Hijriyyah. Sebagai contoh, cobalah tanyakan kepada anak-anak, lebih mudah mana menyebutkan bulan januari sampai desember ataukah bulan Muharram sampai dzulhijjah? Saya yakin mereka lebih hafal januari sampai desember dibanding menyebutkan 12 bulan hijriyyah. Ini adalah salah satu bukti kurangnya porsi pengetahuan agama yang diberikan kepada anak-anak kita. Dan secara umum, ini adalah kemunduran pendidikan islam.

 

Muharram, Shafar, Rabiul Awwal, Rabiul Akhir, Jumadil Awwal, Jumadi Tsani, Rajab, Sya’ban, Ramadhan, Syawal, Dzulqo’dah dan Dzulhijjah, Adalah 12 bulan Hijriyyah yang seharusnya mampu dihafalkan dan difahami oleh kita sebagai umat islam. Kenapa saya katakan demikian? Karena bulan-bulan tersebut memiliki nilai sejarah yang kuat. Terlebih-lebih 7 dari bulan-bulan tadi memiliki keistimewaan dibanding bulan-bulan lainnya. Bulan Muharram sebagai bulan pertama dalam Islam, Rabiul Awwal, bulan kelahiran Nabi Muhammad, Rajab, Bulan di isra’kan dan mi’rajkannya baginda Rasulillah Muhammad SAW dari Makkah al-mukarromah ke Palestina dan terus ke sidrotul muntaha sampai akhirnya beliau mendapat wahyu shalat lima waktu, Bulan Sya’ban, sebagai bulan penutupan dan pergantian buku amal manusia, Bulan suci Ramadhan, sebagai bulan diwajibkannya berpuasa, turunnya al-Qur’an dan malam lailatur Qodar, Bulan Syawal sebagai Idul Fitri, hari kemenangan dan kesucian kaum muslimin, dan Dzulhijjah sebagai bulan Ibadah Haji dan hari Raya Qurban.

 

Hadirin Jamaah Shalat Jumat yang dimulyakan Allah

Dengan memahami bulan-bulan Islam, diharapkan kita kaum muslimin memahami pula keutamaan dan keistimewaan yang ada di setiap bulannya seperti yang sudah disebutkan tadi. Ketika datang bulan Muharram, kita hafal dan faham bahwa itu bulan muharram, lalu dengan sadar, kita puasa sunnah 10 hari awal muharram. Saat Rabiul Awwal tiba, kita hafal dan faham bahwa itu bulan Maulid, lalu dengan sadar, kita mengenang perjuangan serta akhlak mulia Nabi Muhammad SAW. Begitu pula ketika bulan-bulan lain datang. Rajab datang, kita beramai-ramai memperbaiki shalat, mengenang disampaikannya wahyu shalat

 

Hadirin Jamaah Shalat Jumat yang dimulyakan Allah

Hari ini, tepat kita berada di tanggal 23 Rabiul Awwal 1430 Hijriyyah.

  1. Rabiul Awal salah satu bulan suci

-          Kelahiran Nabi Muhammad

-          Kekalahan pasukan gajah

-          Matinya api majusi

 

  1. Maulid sebagai refleksi akhlak

لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِّمَن كَانَ يَرْجُو اللَّهَ وَالْيَوْمَ الْآخِرَ وَذَكَرَ اللَّهَ كَثِيرًا

Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah. (QS. Al-Ahzab : 33 ayat 21)

 

إنما بعثت لأتمم مكارم الأخلاق

Akhlak Rasul

-          Pemaaf                                   x              pendendam, dengki, hasud

-          Penyantun/dermawan                         x              kikir, bakhil

-          Ahli ibadah                                           x              kufur ibadah

-          Selalu mendahulukan dan mendoakan umatnya sampai akhir hayatnya

-          Memberi syafaat

-

  1. Perbaikan akhlak manusia dan pembentukan akhlak karimah untuk generasi penerus

 

  1. Harapan

-          lebih mencintai Rasulullah dengan mempelajari akhlak karimahnya

-          mempelajari akhlak rasul dengan membaca al-qur’an dan memperbaiki bacaan, memahami makna dan melaksanakan amal.

Mendidik anak-anak, generasi penerus dengan akhlak yang mulia

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s